Minggu, 30 Juni 2013

Jasa Percetakan Bogor


Percetakan Bogor - Perkembangan teknologi telah menghasilkan berbagai jenis mesin cetak dengan begitu pesat. Hal inilah yang mendorong pertumbuhan bisnis percetakan Bogor juga sangat pesat.

Namun karena tingginya permintaan masyarakat terhadap jasa percetakan seakan tak akan pernah membuat bisnis ini jenuh, meski jumlah pelaku bisnis ini sudah sangat banyak.

Akibat perkembangan mesin cetak yang sangat cepat, sistim cetak model sablon pun jadi semakin tertinggal dan tak lagi diperhatikan orang. Bahkan teknik sablon pun sudah banyak ditinggalkan pengusaha percetakan yang sebelumnya banyak menggunakan teknik sablon. Mereka lebih memilih menggunakan mesin yang mampu melayani order dalam jumlah besar dan dengan sangat cepat.

Masih Bertahan


Jasa Percetakan Bogor - Meskipun sablon sudah ditinggalkan, namun masih ada sejumlah pelaku bisnis yang menggunakan jasa cetak manual ini. Teknik ini umumnya dilakukan para pelaku bisnis skala kecil. Selain ordernya tidak begitu besar, usaha jenis ini umumnya dilakukan dari rumah. Meskipun skala usahanya termasuk kecil, namun jasa percetakan sablon tak mudah mati. Ada saja order yang masuk dan dikerjakan.

Dibandingkan usaha percetakan yang menggunakan mesin besar, baik mesin offset toko maupun offset digital, usaha sablon relatif menyasar segmen perorangan yang terbatas. Apalagi teknik pengerjaannya yang bersifat manual dan harus dilakukan satu per satu, sehingga tidak mungkin bersaing dengan usaha percetakan yang besar. Namun justru inilah keunggulan usaha sablon.

Kelemahan yang ternyata bisa diolah menjadi sebuah keunggulan adalah keunikkan tersendiri yang dimiliki oleh sebuah usaha sablon. Usaha sablon yang bersifat manual dan hanya bersegmen pada pasar kecil ternyata mampu membuat orang yang menekuni bidang ini untuk bisa bertahan dalam bisnis ini.

Banyak sekali orang yang masih membutuhkan usaha sablon dalam skala yang tidak terlalu besar untuk memenuhi kebutuhannya. Kebutuhan tersebut adalah seperti pelabelan pada plastik atau pembuatan stiker yang hanya dalam skala kecil dan bukan besar pasti membutuhkan usaha sablon.

Bagi mereka yang memiliki bisnis roti misalnya yang membutuhkan sablon untuk kemasan dagang mereka. Tentunya ini adalah peluang tersendiri yang bisa dimanfaatkan oleh usaha sablon itu sendiri.

Jarang sekali para pemilik roti yang menggunakan mesin besar dalam kebutuhan pelabelan merk mereka karena kebutuhan mereka untuk saat ini masih sekala kecil. Dan itu semua bisa terpenuhi oleh adanya sablon tersebut.

Contoh lainnya adalah pengadaan baju sekolah yang juga masih bisa dipenuhi oleh pihak sablon. Banyak sekali baju sekolah terutama olahraga yang membutuhkan sablon sebagai pelengkap dalam baju tersebut.

Tujuan dari adanya penyablonan sendiri adalah untuk menyematkan almamater ke dalam baju atau pun kaos. Hal ini masih dilakukan dengan menggunakan mesin sablon karena biaya yang relatif murah dengan hasil yang cukup lumayan.

Jika menggunakan mesin meseperti printer digital maka sudah bisa dipastikan bahwa ongkos produksi yang diperlukan lebih tinggi. Dengan demikian sekolah tentunya tidak berani untuk mengambil resiko tersebut karena akan berdampak pada pungutan yang terlelu tinggi.

Beberapa contoh tersebut cukuplah membuat kita tahu bahwa bisnis sablon untuk saat ini masih bisa bertahan meskipun sudah banyak sekali printer digital. Masing-masing masih memiliki segmen pasar tersendiri. Hal tersebutlah yang menyebabkan masih bertahannya bisnis sablon yang bersifat manual.

Jaringan Pasar


Dalam bisnis apapun termasuk sablon maka diperlukan jaringan pasar yang bagus agar bisnis tersebut bisa bertahan. Tanpa adanya jaringan pasar yang baik maka bisa dipastikan bahwa bisnis tersebut tidak akan mampu bertahan di putaran tahun pertama.

Jika ternyata masih bisa bertahan di putaran tahun pertama maka bisa dikatakan keberuntungan dari orang tersebut sangatlah tinggi. Namun dalam bisnis seseorang tentunya tidak bisa mengandalkan sebuah keberuntungan yang masih bersifat tidak pasti tersebut.

Banyak sekali yang dipertaruhkan jika seseorang menyandarkan bisnisnya hanya pada sebuah keberuntungan. Akan mirip seperti sebuah perjudian jika hal tersebut digantungkan pada keberuntungan dan bukan lagi mirip sebagai sebuah bisnis. Oleh karena itu, harus ada beberapa langkah jitu dalam menjalankannya.

Bagi Anda yang berminat dan berniat membuka usaha jasa percetakan sablon, berikut tips yang perlu diperhatikan agar sukses dan berhasil.

1. Pilih segmen pasar skala terbatas dan perorangan

Jangan coba-coba memasuki level menengah karena persaingan usaha percetakan di level itu sudah terlalu sengit. Apalagi kalau Anda hanya bermodal mesin sablon.

Level yang lebih tinggi dalam jaringan pasar memang dalam dunia bisnis selalu sangat sengit persaingannya. Jika anda mampu bertahan maka akan sangat besar sekali keuntungan yang didapatkan. Namun jika tidak maka sudah pasti kekalahan telak disertai dengan berbagai cidera yang cukup parah yang akan didapatkan.

Bermain aman dalam level bawah yakni perseorangan memang lebih aman karena persaingan yang dimiliki cukuplah kecil. Karena saingan yang dimiliki tidak ada maka besar kemungkinan bagi kita untuk bisa memajukan bisnis sablon yang sedang digarap tersebut.

Meskipun dalam menjalankan bisnis ini masih berskala kecil bukan berarti keuntungan yang diperoleh juga kecil. Jika kita rajin melakukan berbagai inovasi dan mampu meraup banyak sekali pelanggan maka tidak mungkin juga akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

Ingat sebauh pepatah yang bilang bahwa, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Hal ini juga berlaku dalam dunia bisnis persablonan. Meskipun level yang direkut hanya kelas perseorangan tetapi jika rajin dan mampu banyak menyedot pelanggan maka akan banyak juga hasilnya.

2. Buat keunggulan kompetitif

Misalnya dengan standar tarif yang lebih rendah dari pesaing Anda. Anda juga bisa meningkatkan kualitas hasil cetakan, seperti dengan meningkatkan ketelitian maupun kualitas desain yang Anda kerjakan.

Keunggulan yang kita miliki merupakan hal yang harus dijaga dengan baik karena hal tersebut merupakan nilai jual yang kita miliki. Jika kita tidak mampu menjaganya maka bisa dipastikan pelanggan atau konsumen akan lari ke tempat lain.

Hal tersebut bukanlah tidak mungkin untuk terjadi. Saat ini banyak sekali bermunculan usaha sablon yang dimiliki oleh orang lain. Jika hasil yang kita berikan kurang maksimal maka bisa dipastikan orang tersebut tidak akan pernah kembali lagi ke tempat kita karena masih ada tempat lain yang bisa dijadikan pilihan.

Menjaga keunggulan yang kita miliki merupakan langkah wajib dalam setiap bisnis. Jika kita tidak memiliki sebuah keunggulan maka sudah seharusnya kita menciptakan keunggulan tersebut. Dengan demikian nilai usaha yang kita jalankan akan masih layak untuk dijual atau menarik minat pelanggan untuk datang ke tempat kita.

3. Kalau Anda jago dalam desain itu lebih baik

Namun kalau tidak bisa, angkat saja seorang desainer untuk membantu mendesain order yang masuk. Kalau keuangan usaha Anda terbatas dan tidak mampu membayar gajinya, ajak kerja sama dengan cara model fee berdasarkan order yang masuk. Jadi tidak saling tergantung antara satu dengan yang lainnya.

Pentingnya sebuah designer juga sangat diperlukan karena akan membuat seseorang tidak perlu lari ke tempat lain. Kebanyakan yang terjadi saat ini adalah antara designer dengan tempat penyablonan masih terpisah.

Maksudnya adalah pada saat kita mensablon sesuatu maka kita akan membuat design terlebih dahulu di tempat A. Setelah disegn jadi maka barulah kita ke tempat B untuk mensablon. Tentunya hal tersebut sangat merepotkan karena konsumen harus lari ke dua tempat yang berbeda.

Selain merepotkan juga membutuhkan biaya ongkos yang tinggi dan waktu yang juga sangat penting. Namun jika ternyata di satu tempat tersebut mampu mengakomodir semuanya maka akan lebih baik sehingga konsumen tidak perlu lagi lari ke dua tempat. Jadi akan sangat memudahkan konsumen sehingga konsumen pun akan merasa senang.

4. Perluas jaringan pemasaran Anda

seperti ajak kerja sama orang yang mempunyai usaha yang bergerak di bidang organiser pernikahan, katering, ataupun dekorasi pengantin. Order cetak undangan pengantin lumayan besar kalau mau digarap dengan serius.

5. Berikan pelayanan yang terbaik untuk konsumen Anda

Kelemahan yang sering ditemukan pada usaha percetakan adalah tidak disiplin dalam tenggat waktu cetak. Bahkan tak jarang waktu selesai cetak molor jauh dari yang disepakati tanpa merasa bersalah. Kalau Anda mampu memberikan layanan yang terbaik untuk konsumen, kesuksesan dari jasa percetakan sablon sudah menanti Anda.

Share On:

Related Post:

 
 
All Right Reserved - Satria | Latihan Rank Satu
Powered By Blogger.com